Setelah menyimak live materi ke lima, yaitu Identifikasi Aksi, esok harinya Tim Rumah Bijak Digitalisasi segera melakukan diskusi yang bahkan baru berakhir sehari kemarin. Kami langsung menentukan langkah-langkah aksi yang bisa segera dimulai.
Tahapan Identifikasi Aksi
Aksi adalah tahapan selanjutnya dari sebuah tim baik itu yang bergerak di bidang sosial maupun lainnya. Sebelum melakukan aksi harus benar-benar direncanakan apa langkah-langkah yang akan dilakukan. Tahapan identifikasi aksi sebagai berikut:
Highlight and Key Update
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah meng-highlight turunan dari tujuan dan milestone yang sudah ditetapkan oleh tim. Jadi pada tahap ini kita buka lagi Peta SMART saat menetapkan tujuan yang hendak dicapai tim juga tahapan serta milestone yang sudah ditetapkan lalu melakukan aksi dan membuat indikator keberhasilan.
Key update adalah kalimat yang akan disampaikan ke audiens terkait program kita dimulai dari milestone pertama. Kalimat-kalimat apa yang menjadi kunci agar audiens mengenal tim kita dan program kita ini bisa di-posting ke media sosial.
Timeline of highlight
Timeline perlu juga ditetapkan misal 1 minggu 1 highlight dengan update tiap hari atau one day one post. Selain postingan di media sosial bisa juga berupa aksi di dunia nyata.Tim kami menetapkan awal timeline sejak tanggal 17 September 2021 dengan postingan berupa apa dan siapa Rubi Digi, family team, dan qoutes terkait highlight."Anda tidak bisa mengajari anak anda tentang resiko media sosial kecuali anda memahami bahayanya. Dan anda tidak dapat mencegah anak anda bermain game dengan kekerasan kecuali anda mengetahui ratingnya. "
Berikut milestone dan highlight tim Rubi Digi
Milestone 1 (september-31 Oktober) tersisa 6 pekan
HIGHLIGHT 1
- Mengenal fungsi perangkat digital (PC, TV, Handphone). Sebagai media komunikasi, media informasi, sarana belajar, media sosial.
- Adanya perangkat digital tersebut harus disyukuri dan diambil manfaatnya. Banyak orang di daerah lain yang belum bisa memanfaatkan perangkat ini
HIGHLIGHT 2
Bijak menggunakan perangkat dimulai dari orang tua yang bijak. Mulai dari Ibu sebagai orang tua yang paling dekat dengan anak.Gerakan ibu bijak digital dimulai dengan meningkatkan self control dalam menggunakan gawai.
Cara-cara meningkatkan self control
Menyusul web Rumah Bijak Digital yang diluncurkan pada 20 September lalu dan chanel youtube pun kami miliki.
Tawaran kerjasama berupa iklan/endorse yang melenakan
Bagaimana keadaan tim kita?
Letak geografis yang berjauhan dengan waktu online yang berbeda tak selalu bisa memberi respon segera.
Ancaman apa yang diberikan oleh kelemahan kita?
Terhambatnya project berkaitan dengan belum di temukannya pemateri yang bisa di ajak bekerja sama
Sampai dengan hari ini, indikator keberhasilan campaign tim kami bisa dilihat dari tanggapan yang kami terima baik pada platform Facebook maupun Instagram. Di Instagram sendiri, bentuk kampaye yang paling efektif dan mendapat respon paling banyak baik dari folowers maupun bukan adalah postingan.
- Perangkat digital harus digunakan secara bijak agar manfaatnya dapat diperoleh dengan baik
- Dampak penggunaan yang tidak bijak dapat berpengaruh pada anak-anak. Adiksi, gangguan kesehatan, kurang relasi sosial.
Bijak menggunakan perangkat dimulai dari orang tua yang bijak. Mulai dari Ibu sebagai orang tua yang paling dekat dengan anak.Gerakan ibu bijak digital dimulai dengan meningkatkan self control dalam menggunakan gawai.
- Limit screen time
- Fokus pada tujuan penggunaan perangkat
Cara-cara meningkatkan self control
- Membuat jadwal
- Membuat prioritas tugas/peran
- Support system keluarga (membuat kesepakatan bersama)
- Bergabung dalam komunitas yang mendukung bijak digital
- Challenge ibu bijak digital
- Follow akun rubi digi
Media Sosial
Rubi Digi telah memiliki media sosial sejak awal pembentukan tim. Teman-teman media selalu gerak cepat hingga nama tim, beberapa media sosial seperti Facebook dan Instagram segera kami miliki. Dua platform ini sudah aktif memperkenalkan tim Rubi Digi sejak pertama kali diluncurkan. Bahkan dimanfaatkan dalam questival kemerdekaan Agustus kemarin.Menyusul web Rumah Bijak Digital yang diluncurkan pada 20 September lalu dan chanel youtube pun kami miliki.
Analisis SWOT
Strengths (kekuatan)
Apa yang dapat kita lakukan dengan baik- Membuat materi dari referensi para ahli
- Memanfaatkan media sosial untuk share kegiatan dan mendapatkan follower
- Membuat materi terkait ragam kegiatan bersama anak di rumah
- Sebelas orang member rubi digi dari berbagai wilayah, menambah variasi kegiatan sesuai kearifan lokal
- Membuat conten campaign yang ajeg
- Diskusi dalam tim yang hidup dan responsif
- Tim rubi digi terdiri dari 11 orang yang memiliki kompetensi soft skill dan hard skill
- Empat media sosial yang dapat dimanfaatkan media komunikasi dengan follower dan sharing kegiatan rubi digi serta memperluas dampak
- Pengalaman mendampingi anak pra baliq
- Tim yang terdiri dari 11 orang Ibu
- Media sosial
- Mengangkat tema yang kekinian
- Memberi solusi dari sebagian besar keluarga yang kini menghadapi masalah yang menjadi probstate Rubi digi
- Sebelas orang dari kelas Bunda Shalihah, sehingga memiliki semangat dan jati diri sebagai ibu pembaharu/changemakers
- Bagian dari solusi dunia SDG'S
- Ibu ibu yg memiliki latar belakang keahlian beragam
Weakness
Apa yang bisa diubah- Kampanye yang lebih terarah dengan materi fokus pada highlight
- Menginventarisir kegiatan atau permainan yang berpeluang mengalihkan anak dari gadget
- Public speaker
- Mentor /Trainer
- Narasumber /pakar
- PS tampaknya hal yang lumrah
- Tim yang besar
- Memiliki gadget time yang berbeda-beda
- Komunitas atau gerakan yang serupa
Opportunities
Kesempatan apa yang terbuka bagi kita?- Bekerjasama dengan komunitas lain yang memiliki kesamaan value
- Kegiatan yang unik dan spesifik
- Campaign dan penyebaran informasi kegiatan rubi digi melalui medsos yang sedang banyak diminati
- Pemanfaatan perkembangan teknologi secara smart dan bijaksana
- Menjadi pemateri
- Memperluas manfaat media sosial menjadi wadah belajar online
Threats
Ancaman apa yang dapat mengganggu kita?Tawaran kerjasama berupa iklan/endorse yang melenakan
Bagaimana keadaan tim kita?
Letak geografis yang berjauhan dengan waktu online yang berbeda tak selalu bisa memberi respon segera.
Ancaman apa yang diberikan oleh kelemahan kita?
Terhambatnya project berkaitan dengan belum di temukannya pemateri yang bisa di ajak bekerja sama
Campaign dan Update
Campaign sudah kami lakukan dalam beberapa hari ini baik melalui Facebook, Instagram berupa postingan, reel maupun story, juga beberapa postingan di web rumah bijak digital. Tujuan dari campaign di milestone pertama ini agar audiens mengetahui program tim terutama highlight milestone pertama. Jenis campaign berupa visual dan audiovisual. Update dilakukan tiap hari sesuai timeline yang sudah kami sepakati.Sampai dengan hari ini, indikator keberhasilan campaign tim kami bisa dilihat dari tanggapan yang kami terima baik pada platform Facebook maupun Instagram. Di Instagram sendiri, bentuk kampaye yang paling efektif dan mendapat respon paling banyak baik dari folowers maupun bukan adalah postingan.
Penutup
Setelah ini masih banyak rencana aksi yang harus kami realisasikan dan diskusi menentukan aksi-aksi selanjutnya agar lebih tepat sasaran dan berdampak nyata.#Jurnal
#Ibupembaharu
#BundaSaliha
#Darirumahuntukdunia
#InstitutIbuProfesional
#SemestakaryauntukIndonesia
Komentar
Posting Komentar