Pasaran
Pasaran...atau pasar-pasaran adalah sejenis permainan jual beli di waktu bunda masih kecil dulu. Sekarang sudah tak ada yang memainkannya bahkan kalaupun ada sangat jarang sekali.
Yang kita jual dulu, aneka bentuk miniatur barang dari benda-benda alam di sekitar kita. Mata uangnya dari dedaunan dengan nominal tertentu. Seru, kita jadi belajar nilai uang, operasi matematika seperti menjumlah, mengurangi, mengalikan dan membagi dengan cara yang asyik dan menyenangkan.
Sebagai gantinya, anak-anak mendapat kesempatan pasaran atau jual beli di moment market day di sekolah.
Berbekal 18 bungkus spagetti buatan bunda dan uang Rp. 13.000 sebagai persiapan untuk memberi angsul ( kembalian) berangkatlah si bungsu ke sekolah.
Semalam setelah memberi beberapa catatan modal dan harga beli, hari ini adik harus membawa uang Rp. 3000,00 x 18 = Rp. 54.000,00
Ditambah uang angsul Rp. 13.000 jadi total uang yang harus dibawa pulang Rp. 67.000,00
Jika ingin jajan, boleh tapi harus dicatat berapa uang yang dibelanjakan.
Tak perlu menjelaskan bagaimana memberi kembalian dan sebagianya tanpa dimintanya...karena menjelaskan sesuatu yang mungkin dia sudah tahu membuatnya bosan dan akan keluar pernyataan, " Iya...tahu...tahu."
Jadi bunda cukup menahan diri untuk mengintervensi proses belajarnya. Kalaupun nanti ada kesalahan, karena itulah proses belajar.
Suasana pasaran (market day) di sekolah. Dapat kiriman foto dari Ustadah. |
Para pedagang |
Tibalah saatnya mengevaluasi sore ini.
"Bunda semula semua uangku tadi Rp.67 .000,00 trus dikurangi Rp. 13.000,00 uang dari bunda buat angsul dan Rp. 4000,00 buat aku jajan. Sekarang uangnya tinggal Rp.50.000,00."
Sip dah...
" Tadi ada yang beli 5 bungkus lho...uangnya Rp. 20.000,00 jadi aku kasih angsul Rp. 5000,00 kan harganya Rp. 3000 kali 5 kan Rp. 15.000,00.
Jualanku juga paling cepat habis, karena ada yang beli 5, 3 , 2 dan 1 bungkus saja."
Iya dah, bunda percaya...adik memberi kembalian dengan benar. Makanya uangnya pas. Meski aslinya kita rugi karena modal kita lebih besar daripada uang yang didapat. Tetapi seluruh proses transaksi sudah benar.
Ada prose perkalian 5 x 3000, 3 x 3000, 2 x 3000 dan 1 x 3000 yang diselesaikan dengan baik. Juga penjumlahan dan pengurangan.
Senangnya belajar matematika dengan pasaran.
Menemukan pola dan melakukan proses sendiri jauh lebih membahagiakan dibanding didikte.
Aha...aku suka matematika
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
Komentar
Posting Komentar