Nice HomeWork #8
MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS
a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)
b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :
1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)
2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)
3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)
c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)
3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)
---------------------------
MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS
a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)
b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :
1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)
2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)
3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)
c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)
3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)
---------------------------
Akhirnya sampai juga di langkah ke 8, setiap NHW luar biasa dan kali ini luar biasa dan sangat istimewa.
Luar biasa content yang harus dikerjakan
Istimewa karena sampai minta perpanjangan waktu
Butuh nafas lebih, meski seharusnya ketika kita melangkah dengan benar sejak nhw#1 tentu tidak terlampau sulit mengerjakan nhw-nhw berikutnya.
Bagiku, tetap saja setiap nhw ada tingkat kesulitan yang spesifik...karena harapannya nhw ini tidak sekedar ditulis tapi juga merupakan peta bagi jejak langkah kita selanjutnya.
Makanya begitu membaca nhw#8, tidak langsung dikerjakan karena ingin memetakan langkah lagi, memantapkan pilihan lagi dan tentunya tak sekedar tulisan belaka.
Resikonya, menunda tak kecil jadinya.
Jadi terlambat menyetor nhw#8
Aha, baiklah. Setidaknya dapat pelajaran berharga lagi
Satu diantara hikmah yang berserak dalam perjalanan panjang keliling beberapa kota di Jawa Timur kali ini.
Masih teringat dengan jelas binar mata salah seorang teman yang sempat ku temui.
“Kalau liburan gini aku banyak kerjaan mbak, kalau orang masuk kerja, itu liburan buatku”
Enak ya…..
“Dari kecil, suka nya kegiatan alam, traveling, camping, apapun yang berkaitan dengan alam. Biar dilarang juga tetep jalan dan ada saja caranya,” ujar sang Ibu
Kini, mereka pasangan muda itu mengeluti dunia travelling, guide dan mempunyai usaha adventure.
Bekerja sesuai passion.
Tak lama dapat khabar teman suami keluar dari kantor, PNS di direktorat jendral pajak.
Mau apa dia….
Kalau bisnis wajar, banyak pns pajak yang keluar untuk berbisnis
Lalu…
“Dia ingin menghafal Qur’an,” kata suami
Serius…?
Iya...setelah ditanya - tanya niatnya, dia serius. Dulu masuk Stan coba-coba aja eh ketrima. Dan lulus serta penempatan. Setelah kerja baru terasa...kok begini saja, jenuh katanya.
Dia mau menghafal Qur’an dan mempelajari ilmu agama untuk menjadi pimpinan pesantren yang sedang dirintisnya.
Dia merasa cocok, kita doakan semoga berhasil.
Mencari passion dan terus mencari.
Jadi, penting banget ternyata materi-materi yang kita dapatkan dalam kuliah matrikulasi IIP ini. Sungguh kita dituntun mengenal diri, memahami potensi dan mempetakan langkah-langkah hidup kita.
Tak ada kata selesai dalam belajar dab mencari apa yang pas buat kita. Karena manusia makhluk yang berkembang.
Bismillah, mencoba memetakan langkah dengan memulainya dari aktifitas yang di suka dan bisa.
Suka dan bisa : memberi penjelasan,membimbing, melatih dan memberi motivasi.
1. Anda ingin menjadi apa? ( Be)
Bunda pendidik
: ingin menjadi pendidik yang kreatif, tidak terpaku pada kognitif semata, memberi motivasi, ramah anak dan anti bullying.
2. Apa yang ingin anda lakukan? (DO)
: saya akan belajar dan terus belajar metode pembelajaran yang baik, menyusun rancangan pengajaran yang kreatif dan tak membosankan, mengali kemampuan dan bakat anak, membuat sistem evaluasi yang baik yang holistik, tidak melakukan kekerasan baik verbal maupun non verbal dan mencegah bullying serta menkampanyekan anti kekerasan pada anak.
3. Apa yang ingin anda miliki? (Have)
Mengembangkan sekolah yang sudah kami bangun menjadi sekolah murah, berkualitas, ramah anak dan anti bullying
Setelah itu kita susun langkah-langkahnya :
a. Life time purpose
Saya ingin menjadi guru dan pendidik yang baik dan profesional,memperjuangkan anti kekerasan pada anak. Membangun rumah belajar dan memberdayakan anak.
b.Strategic Planning
Dalam waktu 5 tahun ke depan saya ingin jadi pejuang pendidikan, mencegah dan pengurangi kasus-kasus kekerasan pada anak.
c. New Year Resolution
Dalam kurun waktu 2017 - 2018 ini saya ingin menerapkan program, mengajar tanpa kemarahan dan kekerasan. Menyiapkan bahan ajar yang baik dan membuat evaluasi yang mencerminkan kemampuan anak secara nyata.
3. Apa yang ingin anda miliki? (Have)
Mengembangkan sekolah yang sudah kami bangun menjadi sekolah murah, berkualitas, ramah anak dan anti bullying
Setelah itu kita susun langkah-langkahnya :
a. Life time purpose
Saya ingin menjadi guru dan pendidik yang baik dan profesional,memperjuangkan anti kekerasan pada anak. Membangun rumah belajar dan memberdayakan anak.
b.Strategic Planning
Dalam waktu 5 tahun ke depan saya ingin jadi pejuang pendidikan, mencegah dan pengurangi kasus-kasus kekerasan pada anak.
c. New Year Resolution
Dalam kurun waktu 2017 - 2018 ini saya ingin menerapkan program, mengajar tanpa kemarahan dan kekerasan. Menyiapkan bahan ajar yang baik dan membuat evaluasi yang mencerminkan kemampuan anak secara nyata.
Manusia hanyalah perencana dan Allah sebaik - baik pemberi jalan.
Demikian peta perjalanan ini saya susun, semoga diberi kemudahan dalam menjalankannya.
---------
Balikpapan, disela jam kosong mengajar
Setelah meminta penundaan dan diuji dengan hp yang tiba-tiba bleb...mati total
Komentar
Posting Komentar