Langsung ke konten utama

Habit To Nation Zona H

Assalamu'alaikum pembelajar. 

Setelah beberapa pekan lalu kita menumbuhkan karakter baik masing-masing hexagonia maka saatnya memasuki zona H, habit to nation. 

Apa sih Habit To Nation itu? 

Ketika kita sudah mampu memetakan passion kita, namun kita tidak tahu bagaimana passion kita ini bisa memberi manfaat minimal buat diri sendiri terlebih bisa meluasakan manfaat hingga ke masyarakat luas. Sungguh kita tak mampu bergerak sendiri. Oleh karena itu, kita butuh bersama. Alangkah indahnya ketika karakter - karakter baik ini berkumpul saling menularkan lalu membawa pengaruh lebih baik dan lebih luas lagi. Luar biasa. Akan ada energi yang besar untuk mewujudkan sebuah perubahan dalam kebaikan. 

Oleh karena itu, sebuah project passion dirancang dan co housing, sebagai sarana latihan konsisten menjalankan kebiasaan atau habit dengan mengecam komitmen bersama. Project ini adalah komitmen bersama, berasal dari rumusan dan diskusi para hexagonia dalam co housing. Akankah goal yang ditetapkan tercapai? Apakah project ini sukses hingga akhir perjalanan, atau justru terbengkalai, semua berada ditangan para hexagonia. 

Dalam sebuah project tentu ada bermacam ide, gagasan dari berbagai karakter hexagonia yang tidak semua langsung bisa berpadu seia sekata. Setidaknya akan ada kerikil, batu sandungan, barier dan banyak lagi lainnya. Baik yang dialami dalam lingkup individu maupun kelompok. Karenanya management charakter harus kita kuasai. 

Knowledge Management Character 

Booster Character, adalah orang-orang yang energy giver, serving, antusias courage, altruism (orang yang senang melakukan kebajikan tanpa pamrih) dan learning (banyak belajar dan banyak mengaplikasikannya dalam kehidupan). 

Delays Character, adalah orang-orang yang energy waster, menunggu untuk dilayani menolak pekerjaan yang dipampangkan, cepat puas minim ide dan gagasan, mendengarkan gossip tidak ada yang dikerjakan, melanggar aturan, takes for granted (menganggap semua kebaikan itu sudah seharusnya dia dapatkan), banyak belajar tapi tidak banyak yang dilakukan. 

Risks Character, adalah orang-orang dengan energy taker, melayani diri sendiri cepat bereaksi negatif, berpikir negatif setiap usulan kalau tidak cocok berbicara dibelakang, mengkritik pekerjaan lain menyerang personal, berharap banyak tidak berterima kasih tidak menghargai, tidak belajar hanya sekedar ada di kelas/team. 

Zona Habit 

Passion to Nation Zona Habit

Merupakan gabungan antara passion-karakter -habit. Berdasarkan zona habit inilah project dalam co house dirancang. Harapannya akan ada sinergi yang baik dalam mengerjakan project serta menemukan solusi terhadap hambatan yang mungkin menjadi penghalang terwujudnya project bersama ini. 

Goals Project Passion 

Harus selalu ditulis kembali agar tidak salah arah. 
Goal project co house pendidikan 7

Saat ini co housing pendidikan 7 sedang menyusun : 
Project Passion Co-housing Erlenmeyer Cluster Pendidikan 
Nama project :Women Empowerment and Education Laboratory (WEEL) 

Strong why 

Hexagonia co-housing 7 Cluster pendidikan, bergerak di bidang keilmuan yang berbeda-beda, namun tujuannya sama yaitu memberikan edukasi bagi perempuan agar merasa berdaya dalam setiap fase kehidupannya. 

Solusi 

Guidebook bisa dijadikan acuan para perempuan dalam menjalani fase-fase kehidupannya agar mereka lebih percaya diri dan merasa berdaya. 
Output project guidebook yang berisi : persiapan menikah, melahirkan, laktasi, pendidikan anak usia dini sampai masa remaja. 

Durasi : 4 bulan 

Goal dalam project ini: 

1. Partisipasi aktif seluruh hexagonia di CH7 
2. Tumbuh dan terpeliharanya habit produktif hexagonia 
3. Menghasilkan produk guidebook 
4. Karya dari project ini bermanfaat bagi hexagonia maupun masyarakat luas 

Project Passion Roadmap 

Roadmap dan milestone project CH7

Menentukan durasi project passion, sesuai program bunda produktif yaitu 6 bulan sehingga kami merencanakan sebelum kelas bunda produktif berakhir project sudah selesai, tinggal distribusi untuk diambil manfaatnya. 

Milestone 

Milestone adalah totalitas pencapaian habit oleh setiap individu di dalam tim. Peta Roadmap akan membantu kita memvisualisasikan pencapaian kecil yang perlu kita selesaikan untuk mencapai tujuan akhir setiap project passion. Tentukan Habit baik apa saja yang tim anda akan lakukan untuk mencapai setiap titik milestone. 

Milestone project WEEL CH7 
1. Membuat sub topik 
2. Membuat resume materi 
3. Membuat outline 
4. Menyelesaikan tulisan 
5. Editing 
6. Reviw 

Blockers 

Kita perlu mengidentifikasikan pemblokir, hal-hal yang akan mencegah project passion untuk bergerak maju dan memberikan solusi praktis untuk mengatasi pemblokir tersebut. 
Pemblokirnya bisa orang, karakter, aktivitas yang menganggu. Identifikasi apa saja pemblokir yang dapat menghambat pencapaian tujuan passion project. 

Solusi 

Agar tidak terjatuh pada lubang yang sama, maka setiap permasalahan yang muncul pada saat menjalankan habit dalam rangka menyusun project harus ada solusinya. 

Self Evaluation Habit to Nation 

Self evaluation hexagonia

Karakter yang dipilih, habit yang dipilih,harus selalu dievaluasi, apakah berkomitmen dijalankan? Kontribusi apa yang sudah diberikan? Evaluasi ini bertujuan mengukur kinerja kita. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Catatan Tentang Rumah Bijak Digital

Tentang Tim Rumah Bijak Digital bisa disimak di link video berikut ini. Tentang Rumah Bijak Digital Semua kegiatan tim rumah bijak digital , terekam dalam catatan di website kami ini. Sepenggal Catatan Rubi Digi Ketika awal kuliah Bunda Saliha dimulai, tak terbayangkan bakal seperti apa nantinya. Meski kepingan puzzle perkuliahan sedikit tergambar, namun seperti apa gambar yang terukir dari susunan puzzle itu sama sekali tak terduga. Sampai akhirnya kini susunan puzzle itu mulai terlihat bentuknya. Mengawali masa perkuliahan Bunda Saliha ketika pandemi gelombang kedua dimulai. Tak luput, saya pun merasakan juga seperti apa ketika virus itu menghampiri keluarga kami. Berdua suami, beriringan melawan virus yang hingga kini belum juga hilang dari peredaran. Syukur, kami tak sampai harus dirawat di rumah sakit, hanya isolasi mandiri saja di rumah. Masih bisa mengikuti materi kuliah Bunda Saliha meski dengan berbaring saja. Tak terasa enam bulan masa perkuliahan Bunda Saliha berlalu, tak mu

Tim Rubi Digi Menetapkan Tujuan Dengan SMART

Assalamu’alaikum bunda pembelajar! Pernah keluar rumah, terus jalan tanpa tujuan? Pasti kita merasakan nothing kan ya. Segala sesuatu akan lebih terukur dan bermakna jika kita menetapkan tujuan sebelum memulainya. Dengan membuat tujuan kita akan mengetahui arah yang akan kita tuju, jalan yang hendak kita tempuh, cara mencapainya, bahkan bisa mengevaluasi apakah jalan kita sudah benar atau malah melenceng dari tujuan yang kita buat. Alasan Pentingnya Menetapkan Tujuan Setiap lembaga atau organisasi butuh perencanaan yang matang agar berjalan dengan baik. Ibarat membawa bahtera untuk mengarungi samudra luas, pasti bukan sekedar berlayar tanpa arah. Harus ada tempat yang akan dituju. Bagaimana bahtera bisa berlayar jika tak jelas arahnya kemana? Jangan bilang sekedar ikut arus, karena bahtera bisa karam di tengah perjalanan. Ciri sebuah organisasi atau tim yang memiliki tujuan: Mereka memiliki keyakinan akan tujuan hidup dalam hal ini tujuan agar tim bisa terus bergerak maju Memiliki pere

Apresiasi Aksi Tim Rubi Digi

Apresiasi Aksi  Ibu pembelajar, setelah Kongres ibu pembaharu, maka sampailah pada materi yang ke 7 yaitu apresiasi aksi. Pada materi ini, dibahas tentang apa yang harus dilakukan oleh tim untuk mengevaluasi aksi yang berjalan selama milestone yang sudah disepakati.  Setiap kegiatan atau aksi, ketika kita mengharapkan adanya dampak yang terlihat maka harus ada apresiasi aksi yang tujuannya untuk melihat sejauh mana efektifitas aksi yang sudah kita lakukan juga apa manfaat yang bisa diambil oleh penerima manfaat. Komponen yang ada dalam apresiasi aksi Pertama, Impact : Impact adalah dampak dari aksi yang sudah kita lakukan pada penerima manfaat atau sosial masyarakat lebih luas.   Apa pentingnya analisa dampak sosial ini untuk aksi kita? Mengukur seberapa besar pengaruhnya pada diri sendiri, lingkungan terdekat dan lingkungan sosial baik di dunia maya maupun di dunia nyata Mengevaluasi kegiatan / aksi yang sudah dilakukan apakah sdh on track , apakah dampak aksi sesuai indikator yg dit