Langsung ke konten utama

Refleksi Perjalanan Hexagonia



Assalamu'alaikum ibu pembelajar
Dua bulan lebih menjadi warga Hexagon City, sebagai Hexagonia, tinggal dalam komplek perumahan dengan warga yang punya semangat dan passion sama. Saling bekerja sama, menghargai satu sama lain sungguh luar biasa rasanya. Tidak ada kata lain yang bisa mendefinisikan, wonderful things.
Nggak nyaka bisa menjadi bagian dari kota ini. Berawal dari perjalanan di kelas Bunda Cekatan dengan peta belajar yang terpampang sebagai pedoman dalam setiap langkah di hutan ilmu pengetahuan. Tapak kaki yang telah menjelajah hutan ilmu semakin kokoh untuk menapak menuju kota Hexagon tempat mewujudkan mimpi.

Passionate People

Sejenak mengikat perjalanan, pada peta belajar yang terbentang. Aku memilih management rumah tangga agar masalah dapur dan bebenah, pernik-pernik dalam rumah tangga ini menjadi sesuatu yang mudah dikerjakan. Melatihnya agar menjadi cekatan sehingga semakin banyak waktu yang bisa digunakan untuk mengerjakan hobby dan hal lain yang membahagiakanku seperti membaca, menulis meski suka tapi masih belum mahir. Jalan-jalan, kuliner dan belanja ide juga hobby yang selalu membuat binar bahagia.
Membersamai anak dan sebuah lembaga pendidikan yang kami didirikan bersama teman-teman juga menjadi sesuatu yang menyenangkan. Hingga aku memutuskan inilah passionku.
Tak sebentar menyakinkan diri bahwa dunia pendidikanlah passionku. Kenyataan bahwa aku sudah meninggalkan dunia mengajar di sekolah formal sejak dua tahun lalu sedikit membuatku ragu. Benarkan passionku di bidang pendidikan? Lalu membuka lagi hasil test tallent mapping, educator adalah salah satu personal brandingku.
Yah, aku tak lagi mengajar di sekolah formal, tapi masih selalau membersamai anak belajar mandiri di rumah. Suka mengembangkan dunia pendidikan. Antusiasme yang tinggi berbagi ilmu dan skill seputar pendidikan. Bergairah mengikuti isu - isu terkait pendidikan dan mencoba menemukan solusinya.
Aha, aku yakin sekali inilah passionku.
Teringat lagi peta belajar, di sebuah sudut aktifitas suka dan belum bisa terdapat keinginan belajar menulis, belajar membuat blog profesional. Dan semesta mendukung, sebuah tawaran belajar blog sangat sayang untuk dilewatkan. Sejalan dengan passionku yang sudah ditetapkan, passion yang lain pun berkembang. Yah aku suka menulis.
Syukurnya, keduanya berjalan beriringan dalam project passion di co-housing nantinya.
Tingkatan passionku
Setelan menemukan passion dan yakin dia area itulah konsentrasika saatnya memetakan dimana letak passion. Sesuai dengan tingkatannya, aku memilih passion for knowledge dan passion for service sebagai pijakan. Sedangkan pengembangannya berada pada ranah foster life for service, senang mengembangkan dan melayani.

Character Cultivator

Setelah bertemu dengan tetangga yang mempunyai passion sama, saatnya kami merumuskan project passion. Dalam diskusi panjang akhirnya kami sepakat membuat project passion berjudul " WELL" : Women Empowerment And Education Laboratory. Sebuah proyek untuk mewujudkan panduan perjalanan hidup perempuan yang lebih bermakna dengan produk berupa guidebook.
Amazing, passion pendidikan dan menulis akhirnya berkolaborasi dalam project ini.
Nah dalam project bareng kayak gini, terlebih ada banyak kepala berpikir bersama, ada beberapa kepribadian berpadu makan harus ada karakter baik yang bersinergi. Sehingga dalam acara kumpul-kumpul kita tidak sekedar ngerumpi tapi membicarakan ide. Dengan mengetahui karakter setiap Hexagonia di co-housing, setidaknya tak ada kebaperan yang membuat project bareng ini terhambat.
Aku menyematkan Disipline sebagai karakter ku. Iya sih, sebuah keteraturan, kerapian, segala sesuatu yang terjadwal dan tepat waktu lebih aku sukai, terlebih hasil test tallent mapping, bahasa bakat unggulanku : disipline ini.

Habit Powered

Adakah sebuah kesuksesan tanpa kebiasaan baik? Saat kita ingin mewujudkan impian kita, gagasan kita maka semua bermula dari kegiatan kecil yang rutin. Karena rutin maka akan jadi kebiasaan baik yang bisa mengubah kehidupan menjadi lebih bermakna dan produktif.
Project passion kami, akan membuahkan hasil jika diiringi dengan karakter yang baik dan kekuatan kebiasaan atau power of habit.
Maka kami harus memulai setiap langkah mewujudkan goal dengan kebiasaan - kebiasaan baik yang rutin dilakukan setiap hari oleh masing-masing Hexagonia.
Dalam project passion di co-housing kami, milestone awal adalah mencari referensi, maka habit yang dibangun adalah membaca, mengamati, dan meresumenya. Disamping itu kami juga terlibat aktif dalam diskusi dalam co- housing.
Apakah habit itu terlaksana dengan baik?
Ternyata tak semudah itu, terkadang kami pun oleng dengan aktifitas yang lain. Karenanya kami harus saling dukung dan saling menguatkan agar tetap on the track. Alhamdulillah, kami bersepakat untuk selalu check in dalam coba housing. Dari sini, setiap ada masalah bisa dicari solusinya bersama. Check in rutin tiap hari kerja juga selalu mengembalikan semangat agar konsisten menjaga habit yang baik.

Shining 4E

Setelah milestone kami sepakati, maka kami mulai melakukan aksi untuk mewujudkan project passion.
Memang tak semua kegiatan semua bernilai 4 E, Enjoy - Easy - Excellent - Earn.
Bagiku membaca, mencari referensi dan meresumenya sudah terpenuhi unsur enjoy, easy dan excellent. Sedangkan diskusi, baru merasa enjoy dan easy.

Kontribusi untuk Hexagon City

Yang bisa kulakukan sampai hari ini selain berkontribusi aktif dalam co-housing saat diskusi, melakukan check in, memberi ide dan saran. Untuk tingkat kota baru sebagai peserta dalam beberapa kegiatan kota misal menyimak paparan founding mother, sesekali hadir pada walikota menyapa, launcing program, parade project passion juga mengikuti berita di hexatv.
Sementara fasilitas kota yang sangat menunjang project passion dan pengembangan diri juga tak luput dari perhatian. Misalnya mensubribe Youtobe Haxagon City, Fanpage Hexagon City, Instagram Hexagon City juga Hexalink, Radio dan TV Hexa.
Meski kadang hampir oleng juga menerima banyak informasi tiap harinya. Tetapi dengan jurus pilih dan pilah mana yang dibutuhkan, sedikit mengurangi kebinguan dalam hujan informasi ini.
Pelatihan yang sudah diikuti sejauh ini baru pelatihan menulis yang sangat menunjang pada project passion di co-housing kami. Harapannya ada pelatihan membuat ebook yang menarik dan teknik editing yang oke.
Tetap semangat menjalani proses belajar dan bekerja mewujudkan project passion.


Komentar

  1. Ini bagian dari IIP ya bu? Kelihatan keren banget deh projectnya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Catatan Tentang Rumah Bijak Digital

Tentang Tim Rumah Bijak Digital bisa disimak di link video berikut ini. Tentang Rumah Bijak Digital Semua kegiatan tim rumah bijak digital , terekam dalam catatan di website kami ini. Sepenggal Catatan Rubi Digi Ketika awal kuliah Bunda Saliha dimulai, tak terbayangkan bakal seperti apa nantinya. Meski kepingan puzzle perkuliahan sedikit tergambar, namun seperti apa gambar yang terukir dari susunan puzzle itu sama sekali tak terduga. Sampai akhirnya kini susunan puzzle itu mulai terlihat bentuknya. Mengawali masa perkuliahan Bunda Saliha ketika pandemi gelombang kedua dimulai. Tak luput, saya pun merasakan juga seperti apa ketika virus itu menghampiri keluarga kami. Berdua suami, beriringan melawan virus yang hingga kini belum juga hilang dari peredaran. Syukur, kami tak sampai harus dirawat di rumah sakit, hanya isolasi mandiri saja di rumah. Masih bisa mengikuti materi kuliah Bunda Saliha meski dengan berbaring saja. Tak terasa enam bulan masa perkuliahan Bunda Saliha berlalu, tak mu

Tim Rubi Digi Menetapkan Tujuan Dengan SMART

Assalamu’alaikum bunda pembelajar! Pernah keluar rumah, terus jalan tanpa tujuan? Pasti kita merasakan nothing kan ya. Segala sesuatu akan lebih terukur dan bermakna jika kita menetapkan tujuan sebelum memulainya. Dengan membuat tujuan kita akan mengetahui arah yang akan kita tuju, jalan yang hendak kita tempuh, cara mencapainya, bahkan bisa mengevaluasi apakah jalan kita sudah benar atau malah melenceng dari tujuan yang kita buat. Alasan Pentingnya Menetapkan Tujuan Setiap lembaga atau organisasi butuh perencanaan yang matang agar berjalan dengan baik. Ibarat membawa bahtera untuk mengarungi samudra luas, pasti bukan sekedar berlayar tanpa arah. Harus ada tempat yang akan dituju. Bagaimana bahtera bisa berlayar jika tak jelas arahnya kemana? Jangan bilang sekedar ikut arus, karena bahtera bisa karam di tengah perjalanan. Ciri sebuah organisasi atau tim yang memiliki tujuan: Mereka memiliki keyakinan akan tujuan hidup dalam hal ini tujuan agar tim bisa terus bergerak maju Memiliki pere

Apresiasi Aksi Tim Rubi Digi

Apresiasi Aksi  Ibu pembelajar, setelah Kongres ibu pembaharu, maka sampailah pada materi yang ke 7 yaitu apresiasi aksi. Pada materi ini, dibahas tentang apa yang harus dilakukan oleh tim untuk mengevaluasi aksi yang berjalan selama milestone yang sudah disepakati.  Setiap kegiatan atau aksi, ketika kita mengharapkan adanya dampak yang terlihat maka harus ada apresiasi aksi yang tujuannya untuk melihat sejauh mana efektifitas aksi yang sudah kita lakukan juga apa manfaat yang bisa diambil oleh penerima manfaat. Komponen yang ada dalam apresiasi aksi Pertama, Impact : Impact adalah dampak dari aksi yang sudah kita lakukan pada penerima manfaat atau sosial masyarakat lebih luas.   Apa pentingnya analisa dampak sosial ini untuk aksi kita? Mengukur seberapa besar pengaruhnya pada diri sendiri, lingkungan terdekat dan lingkungan sosial baik di dunia maya maupun di dunia nyata Mengevaluasi kegiatan / aksi yang sudah dilakukan apakah sdh on track , apakah dampak aksi sesuai indikator yg dit