Langsung ke konten utama

Makanan Yang Mengoda

Si ulat hijau mengemaskan sudah masuk gua the jungle of knowledge, gelap dan hanya terdengar suara. Sungguh tak mudah berjalan dalam gelap mengandalkan peta dan suara. Tapi hijau dedaunan yang rimbun siap disantap, membuat perjalanan ulat semakin bersemangat.
Oooh si ulat hampir tengelam dalam rerimbunan dedaunan nan lezat.

Meski peta telah digelar, agar petunjuk jalan itu konsisten ditapak, tidak terlena dengan hamparan dedaunan yang sungguh sedap rasanya. Semua menarik, hingga terkadang kaki ulat berhentikan sejenak, mengamati daun itu lalu tak sadar kakinya melangkah meraih daun itu.

Semakin hari semakin banyak daun yang menarik, tak kuasa untuk tidak mampir walau hanya sekedar mencicipi. Hingga baru saja diusia 2 pekan si ulat sudah terlihat semakin gendut mengemaskan. Harus banyak olah raga ya, hijau gendut agar tidak semakin kegendutan.
---------
Tantangan pekan ini bener-bener luar biasa, membuat vidio/audi tentang sesuatu yang kita kuasai.
Galau kan jadinya, merasa masih belum bisa apa-apa. Apalagi harus syuting dan rekaman trus diupload di fb grup lagi...ho ho ho....deg-deg an.

Berdasarkan panduan 1 pekan kemarin yang ku ketahui adalah beberes ala aku termasuk didalamnya membuat enzim cleaner yang sudah sering di praktekan dan dishare pada anak didik waktu masih mengajar dulu.
Juga bebenah file-file keluarga kami. Dengan 9 anggota keluarga dan suami yang bekerja sebagai ASN tentu banyak dokumen yang ada dirumah. Nah mengarsipkan dan merawat dokumen juga ranah yang aku bisa.
Selanjutnya, mempersiapkan anak menjadi hafizh Qur'an, ini juga materi yang sering ditanya oleh teman-teman karena dari 7 anak kami 2 orang diantaranya sudah hafizh 30 juz dan 3 orang sedang dalam proses penyelesaian hafalannya.

Ternyata, setelah mendapat tantangan membuat potluck jadi sadar pada potensi diri. Dan pilihannya jatuh pada membuat enzim cleaner karena memang hari itu akan mengeksekusi sampah kulit jeruk yang ada dirumah. Jadi sekalian saja.

 Berikut link youtobenya :
 https://youtu.be/VPwytw7bipY

Setelah mendapatkan potluck kejutan nanti lezat dari mbak. Khairun Nikmah, pekan ini masih asyik mantengin chanel youtobe  Livingloving Astri Puji Lestari dengan konsep decluttering dan hidup minimalisnya, semakin menambah rasa penasaran terhadap hal yang berbau ilmu bebenah.
Juga belajar beberapa tutorial membuat ecobrik
Dan tipe "aku" ketika tertarik, suka dan merasa butuh akan sebuah ilmu maka akan mengulik Ilmu itu sedalam mungkin, setuntas mungkin hingga terpuaskan baru pindah ke hal yang lain.


Maka pada pekan ini, ilmu beberes dan bebenah dilanjutkan dengan khuwhap :
Kelas Terapi Bebenah"
Yang antara lain membahas :
1. Memahami akar dari masalah cluter
2. Panduan cara beberes anti galau
3. Cara mengelola rasa syukur dalam memiliki barang
4. Menyimpan pakaian yang apik
5. Cara melipat baju.
6. Dialog dengan benda
7. Bebenah kilat dengan kategori
8. Aneka produk pembersih ramah lingkungan
9. Rumah bebas sampah
10. Membuat kompos
11. Zerowaste.

Lalu kulgram dengan mbak DK. Wardani aktifis Zerowaste dengan 3 tema:
1. Menuju rumah minim sampah
2. Memutus gaya hidup dengan plastik sekali pakai
3. Dari Linier menjadi Sirkuler

Pekan ini juga mendapat sedikit pelajaran dari suami, tentang menagement. Untuk urusan mereka management, beliau adalah salah satu mentorku. Selain memang bidang yang dipelajari ketika kuliah juga sering update ilmu mangement dari diklat atau pelatihan di kantornya. Pekan ini pak mentor menjelaskan tentang:
Hukum Pareto : Selesaikan yang 20℅ maka yang 80 ℅ selesai. Karena yang 20% itu masalah utamanya.

Lalu mulai deh mencicipi potluck teman-teman.
Aneka potluck yang lezat dan terlihat nikmat terhampar didepan mata. Huhuuu... Aku tergoda. Sesekali bahkan kehilangan fokus. Mencicipi yang tidak ada dalam peta.
Bener banget teryata untuk berkata : Menarik tapi tidak tertarik itu nggak mudah. Saking keasyikan menikmati potluck hingga hari selasa tugas jurnaling belum ke sentuh.

Berikut beberapa potluck yang dimakan pada pekan ini:
1. Organizing ala Aldina oleh Aldina Rahma G
2. Berbenah ala Saya oleh Muflikah Makin
4. Tips Bebenah Minimalis oleh Diene Rachmawati
5. Roda aktifitas oleh Nur Laila Muka
6. Management Waktu oleh Megarani Mulia Kanjeng
7. Tips Menyusun Menu Harian Tanpa Bingung oleh Mahargyani Yogyantari
8. Management Waktu di Dapur oleh Rini
9. Menyusun Menu Gizi Seimbang dan Persiapan Bumbu oleh Sabrina Lestari
10. Mengenalkan Gizi Seimbang Melalui Permainan Zimba oleh Purwaningsih
11. Keseharian Homeschooling 3 Anak oleh Yuliana
12. Menyusun portofolio anak oleh Ika Pratidina

Kenyang banget makan 12 potluck pekan ini. Tapi semua masih berkaitan dengan ilmu yang ingin kupelajari, dan sesuai dengan mind mappingku. Bahkan semua topik dan beberapa sub topik sudah terisi dari makanan utamaku dan potluck yang ada.

Saatnya ulat hijau cantik ini, istirahat untuk mencerna dan merenungkan makna dari makanan yang sudah dimakan. Semoga menjadi energi dan tidak hanya menjadi timbunan lemak.

Ulat hijau, rehat dengan bahagia sembari menanti kejutan di pekan ke 3.

#janganlupabahagia
#jurnalminggu2
#materi2
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#Ibuprofesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Catatan Tentang Rumah Bijak Digital

Tentang Tim Rumah Bijak Digital bisa disimak di link video berikut ini. Tentang Rumah Bijak Digital Semua kegiatan tim rumah bijak digital , terekam dalam catatan di website kami ini. Sepenggal Catatan Rubi Digi Ketika awal kuliah Bunda Saliha dimulai, tak terbayangkan bakal seperti apa nantinya. Meski kepingan puzzle perkuliahan sedikit tergambar, namun seperti apa gambar yang terukir dari susunan puzzle itu sama sekali tak terduga. Sampai akhirnya kini susunan puzzle itu mulai terlihat bentuknya. Mengawali masa perkuliahan Bunda Saliha ketika pandemi gelombang kedua dimulai. Tak luput, saya pun merasakan juga seperti apa ketika virus itu menghampiri keluarga kami. Berdua suami, beriringan melawan virus yang hingga kini belum juga hilang dari peredaran. Syukur, kami tak sampai harus dirawat di rumah sakit, hanya isolasi mandiri saja di rumah. Masih bisa mengikuti materi kuliah Bunda Saliha meski dengan berbaring saja. Tak terasa enam bulan masa perkuliahan Bunda Saliha berlalu, tak mu

Apresiasi Aksi Tim Rubi Digi

Apresiasi Aksi  Ibu pembelajar, setelah Kongres ibu pembaharu, maka sampailah pada materi yang ke 7 yaitu apresiasi aksi. Pada materi ini, dibahas tentang apa yang harus dilakukan oleh tim untuk mengevaluasi aksi yang berjalan selama milestone yang sudah disepakati.  Setiap kegiatan atau aksi, ketika kita mengharapkan adanya dampak yang terlihat maka harus ada apresiasi aksi yang tujuannya untuk melihat sejauh mana efektifitas aksi yang sudah kita lakukan juga apa manfaat yang bisa diambil oleh penerima manfaat. Komponen yang ada dalam apresiasi aksi Pertama, Impact : Impact adalah dampak dari aksi yang sudah kita lakukan pada penerima manfaat atau sosial masyarakat lebih luas.   Apa pentingnya analisa dampak sosial ini untuk aksi kita? Mengukur seberapa besar pengaruhnya pada diri sendiri, lingkungan terdekat dan lingkungan sosial baik di dunia maya maupun di dunia nyata Mengevaluasi kegiatan / aksi yang sudah dilakukan apakah sdh on track , apakah dampak aksi sesuai indikator yg dit

Zona Agility

Sebenarnya materi ini sudah ada sejak sebelum liburan akhir tahun, dan saat itu ketika sesi materi dengan founding mother rasanya semangat yang semula hampir padam, kurang fokus karena karena masih sibuk dengan kelas yang lain serta kondisi rumah yang belum stabil dan ada beberapa masalah yang harus dihadapi langsung menyala lagi.  Liburan ini aku akan tetap konsentrasi dan menyelesaikan project passion, tekadku waktu itu. Namun kembali lagi, tekad yang sudah bulat waktu itu kembali kendor karena masih terdistraksi dengan berbagai masalah di rumah.  Kondisi co hausing juga lagi menghadapi beberapa masalah, salah satu tetangga mendapat ujian, covid19 dan saat ini sedang pemulihan kesehatan.  Padahal materi kali ini sebenarnya pas banget buat yang fokusnya terbagi kayak aku ini. Zona Agility. Menurut brainly.id  Kelincahan (Agility)  adalah kemampuan seseorang mengubah posisi di area tertentu. Seseorang yang mampu mengubah satu posisi yang berbeda dalam kecepatan tinggi dengan koordinasi