Langsung ke konten utama

Game Level 6 Hari ke 4

Cenil Favoritku


Liburan akhir pekan menjadi sesuatu yang ditunggu...meski kadang sering tak lengkap, Bunda di rumah, si Abi yang berkegiatan di luar rumah dan sebaliknya. 
Sabtu ini bunda kosong tak ada agenda, meski Abi tak dirumah kita asyik aja karena hari ini akan kita isi dengan memasak cemilan.

Cenil adalah pilihannya, mengapa...? Karena makanan tradisional itu favorit kami.
Gampang sih buatnya, tapi bunda masih belum menemukan resep yang pas. 

Tapi....sebelum meninggalkan rumah, Abi membantu kami membeli bahan - bahan. Sayangnya Abi keliru mengambil salah satu tepung, harusnya tapioka eh malah ke ambil tepung beras. 
Alhamdulillah setelah bongkar-bongkar menemukan sebungkus tepung terigu dan sedikit tepung tapioka.

Mulailah kita memasak, berhubung tepung tapiokanya hanya sedikit, di campur lah dengan tepung terigu dengan perbandingan 2 : 1. Yang artinya 2 gelas tepung tapioka dengan 1 gelas tepung terigu.
Si Bungsu yang sedari awal antusias melakukan prosedur kerja, mulai dari menakar tepung sampai mengambil daun Suji buat pewarna hijau.
Bunda memintanya mengambil 5 lembar daun suji, yang ternyata kurang dan ditambah dengan 5 lembar lagi, kemudian mencucinya dan menumbuk serta memeras hingga mengeluarkan air berwarna hijau.

Sebagai variasi, dipisahkan adonan menjadi dua, satu adonan berwarna hijau daun sebagai pewarna alami dan satu adonan berwarna kuning sumba sebagai pewarna buatan.

Setelah semua siap, mulailah kita membentuk adonan. Lalu tak lama, cenil mengapung di permukaan air tanda sudah matang.

Pewarna alami lebih soft, sedangkan pewarna buatan lebih genjreng.

Anak- anak senang dengan kegiatan kali ini, membuat cemilan favorit sendiri dan belajar perbandingan dua benda. Pertama perbandingan ukuran suatu benda dan yang kedua perbandingan kualitatif dua buah benda.
Mengetahui bahan pewarna alami juga menjadi bagian yang menarik. Aha...ternyata daun bisa dibuat pewarna makanan. Beberapa saat mereka banyak bertanya hal ini, tentang bahan pewarna alami lainnya. 
Tak lupa membuat kesimpulan untuk membedakan pewarna alami dan buatan pada makanan.

Stimulasi matematika logis
1. Mevisualkan konsep perbandingan 
2. Operasi penjumlahan
3. Melakukan prosedur kerja dengan runut
4. Mencoba sesuatu yang baru
5. Menarik kesimpulan



*#Tantangan10Hari*
*#Level6*
*#KuliahBunsayIIP*
*#ILoveMath*
*#MathAroundUs*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Catatan Tentang Rumah Bijak Digital

Tentang Tim Rumah Bijak Digital bisa disimak di link video berikut ini. Tentang Rumah Bijak Digital Semua kegiatan tim rumah bijak digital , terekam dalam catatan di website kami ini. Sepenggal Catatan Rubi Digi Ketika awal kuliah Bunda Saliha dimulai, tak terbayangkan bakal seperti apa nantinya. Meski kepingan puzzle perkuliahan sedikit tergambar, namun seperti apa gambar yang terukir dari susunan puzzle itu sama sekali tak terduga. Sampai akhirnya kini susunan puzzle itu mulai terlihat bentuknya. Mengawali masa perkuliahan Bunda Saliha ketika pandemi gelombang kedua dimulai. Tak luput, saya pun merasakan juga seperti apa ketika virus itu menghampiri keluarga kami. Berdua suami, beriringan melawan virus yang hingga kini belum juga hilang dari peredaran. Syukur, kami tak sampai harus dirawat di rumah sakit, hanya isolasi mandiri saja di rumah. Masih bisa mengikuti materi kuliah Bunda Saliha meski dengan berbaring saja. Tak terasa enam bulan masa perkuliahan Bunda Saliha berlalu, tak mu

Tim Rubi Digi Menetapkan Tujuan Dengan SMART

Assalamu’alaikum bunda pembelajar! Pernah keluar rumah, terus jalan tanpa tujuan? Pasti kita merasakan nothing kan ya. Segala sesuatu akan lebih terukur dan bermakna jika kita menetapkan tujuan sebelum memulainya. Dengan membuat tujuan kita akan mengetahui arah yang akan kita tuju, jalan yang hendak kita tempuh, cara mencapainya, bahkan bisa mengevaluasi apakah jalan kita sudah benar atau malah melenceng dari tujuan yang kita buat. Alasan Pentingnya Menetapkan Tujuan Setiap lembaga atau organisasi butuh perencanaan yang matang agar berjalan dengan baik. Ibarat membawa bahtera untuk mengarungi samudra luas, pasti bukan sekedar berlayar tanpa arah. Harus ada tempat yang akan dituju. Bagaimana bahtera bisa berlayar jika tak jelas arahnya kemana? Jangan bilang sekedar ikut arus, karena bahtera bisa karam di tengah perjalanan. Ciri sebuah organisasi atau tim yang memiliki tujuan: Mereka memiliki keyakinan akan tujuan hidup dalam hal ini tujuan agar tim bisa terus bergerak maju Memiliki pere

Apresiasi Aksi Tim Rubi Digi

Apresiasi Aksi  Ibu pembelajar, setelah Kongres ibu pembaharu, maka sampailah pada materi yang ke 7 yaitu apresiasi aksi. Pada materi ini, dibahas tentang apa yang harus dilakukan oleh tim untuk mengevaluasi aksi yang berjalan selama milestone yang sudah disepakati.  Setiap kegiatan atau aksi, ketika kita mengharapkan adanya dampak yang terlihat maka harus ada apresiasi aksi yang tujuannya untuk melihat sejauh mana efektifitas aksi yang sudah kita lakukan juga apa manfaat yang bisa diambil oleh penerima manfaat. Komponen yang ada dalam apresiasi aksi Pertama, Impact : Impact adalah dampak dari aksi yang sudah kita lakukan pada penerima manfaat atau sosial masyarakat lebih luas.   Apa pentingnya analisa dampak sosial ini untuk aksi kita? Mengukur seberapa besar pengaruhnya pada diri sendiri, lingkungan terdekat dan lingkungan sosial baik di dunia maya maupun di dunia nyata Mengevaluasi kegiatan / aksi yang sudah dilakukan apakah sdh on track , apakah dampak aksi sesuai indikator yg dit