Cenil Favoritku
Liburan akhir pekan menjadi sesuatu yang ditunggu...meski kadang sering tak lengkap, Bunda di rumah, si Abi yang berkegiatan di luar rumah dan sebaliknya.
Sabtu ini bunda kosong tak ada agenda, meski Abi tak dirumah kita asyik aja karena hari ini akan kita isi dengan memasak cemilan.
Cenil adalah pilihannya, mengapa...? Karena makanan tradisional itu favorit kami.
Gampang sih buatnya, tapi bunda masih belum menemukan resep yang pas.
Tapi....sebelum meninggalkan rumah, Abi membantu kami membeli bahan - bahan. Sayangnya Abi keliru mengambil salah satu tepung, harusnya tapioka eh malah ke ambil tepung beras.
Alhamdulillah setelah bongkar-bongkar menemukan sebungkus tepung terigu dan sedikit tepung tapioka.
Mulailah kita memasak, berhubung tepung tapiokanya hanya sedikit, di campur lah dengan tepung terigu dengan perbandingan 2 : 1. Yang artinya 2 gelas tepung tapioka dengan 1 gelas tepung terigu.
Si Bungsu yang sedari awal antusias melakukan prosedur kerja, mulai dari menakar tepung sampai mengambil daun Suji buat pewarna hijau.
Bunda memintanya mengambil 5 lembar daun suji, yang ternyata kurang dan ditambah dengan 5 lembar lagi, kemudian mencucinya dan menumbuk serta memeras hingga mengeluarkan air berwarna hijau.
Sebagai variasi, dipisahkan adonan menjadi dua, satu adonan berwarna hijau daun sebagai pewarna alami dan satu adonan berwarna kuning sumba sebagai pewarna buatan.
Setelah semua siap, mulailah kita membentuk adonan. Lalu tak lama, cenil mengapung di permukaan air tanda sudah matang.
Pewarna alami lebih soft, sedangkan pewarna buatan lebih genjreng. |
Anak- anak senang dengan kegiatan kali ini, membuat cemilan favorit sendiri dan belajar perbandingan dua benda. Pertama perbandingan ukuran suatu benda dan yang kedua perbandingan kualitatif dua buah benda.
Mengetahui bahan pewarna alami juga menjadi bagian yang menarik. Aha...ternyata daun bisa dibuat pewarna makanan. Beberapa saat mereka banyak bertanya hal ini, tentang bahan pewarna alami lainnya.
Tak lupa membuat kesimpulan untuk membedakan pewarna alami dan buatan pada makanan.
Stimulasi matematika logis
1. Mevisualkan konsep perbandingan
2. Operasi penjumlahan
3. Melakukan prosedur kerja dengan runut
4. Mencoba sesuatu yang baru
5. Menarik kesimpulan
*#Tantangan10Hari*
*#Level6*
*#KuliahBunsayIIP*
*#ILoveMath*
*#MathAroundUs*
*#Level6*
*#KuliahBunsayIIP*
*#ILoveMath*
*#MathAroundUs*
Komentar
Posting Komentar